♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥

♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥

Selasa, 18 Juni 2013

" KEBAHAGIAAN MEMILIKI ISTRI SHALIHAH "

“Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” (HR. Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 302, dishahihkan Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’ush Shahih, 3/57 dan Asy-Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 282)

Bagaimana ciri-ciri wanita shalihah versi Al-Qur'an dan hadits :

Pertama adalah dalil di dalam Al-Qur'an mengenai kewajiban seorang wanita, menutup auratnya, taat kepada aturan Allah swt, tiada membangkang kedua orangtuanya dan apabila telah di nikahi dia senantiasa taat kepada suaminya..

Dan dalil di Al-Hadits, banya sekali keutamaannya seperti..

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan2 dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467)

Coba kita bandingkan wanita yang baik akhlaknya tetapi tidak menutup auratnya, bukankah tiada seimbang bagaikan berjalan mengendarai sepeda tetapi tidak memakai ban satu, mungkin sepeda itu bagus, indah, sesuai dengan selera yang memandangnya hanya bagaimana mungkin dapat berjalan hanya menggunakan satu ban sepeda saja?

Atau pula yang menutup aurat tetapi buruk akhlaknya? Seperti memakai sepeda dengan dua ban yang lengkap mampu berjalan hanya sepeda itu tiada terurus, rapuh dan mudah patah?

Kedua disini tidaklah baik, karena rawan dari kerusakan iman, sehingga wanita shalihah versi pertama yang kami maksudkan adalah yang baik pakaiannya, sesuai dengan syariat dan baik pula akhlaknya.

Inilah sebuah keseimbangan dalam Islam, keseimbangan yang akan melahirkan harmoni yang indah. Semoga Muslimah kita semakin menyadari betapa mulianya mereka yang berada dalam naungan agama Islam. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar