♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥

♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥♥ Salam Ukhuwah Islamiyah ♥

Sabtu, 09 Juni 2012

~ TAKUT KEPADA ALLAH ~

~ TAKUT KEPADA ALLAH ~
Yaquulullaahu ta'alaa yaumil Qiyamah :
"Keluarkanlah dari neraka orang-orang yang pernah ingat pada suatu saat kepada-Ku atau orang yang pernah merasa takut kepada-Ku dalam kedudukan apapun." (HQR. Turmudzi yang bersumber dari Anas ra).
Pada hari kiamat orang-orang akan ditempatkan sesuai dengan amalannya masing-masing di surga atau neraka. Allah memerintahkan kepada malaikat Zabaniah untuk mengeluarkan dari neraka hamba-Nya yang pernah beriman dan percaya kepada Allah swt sebagai Tuhan Yang Maha Esa, atau mentauhidkan-Nya tetapi mereka mencampurkan amal sholeh dengan perbuata maksiat. Mereka berhak dijebloskan ke dalam neraka dahulu sebagai hukuman kepada mereka dari kotoran dosa. Setelah mereka suci dan bersih berulah mereka dikeluarkan dari neraka dan kemudian dimasukkan ke dalam surga. Dikeluarkan dari api neraka ini dapat dilakukan atas syafa'at bagi orang yang di izinkan oleh Allah swt atau karena pengampunan umum-Nya.
Yang dimaksud ingat (dzikir) disini ialah ingat dengan ikhlas dan niat yang benar dalam meng-Esakan Allah swt yang dilakukan oleh seorang mu'min. Sedangkan ingatnya seorang kafir dan kaum musyrikin pada Allah swt dengan lisannya saja. Perhatikan sabda Nabi Muhammad saw :
"Barangsiapa yang mengucapkan : "La Illaha Ilallah" dengan ikhlas dari hatinya, niscaya ia masuk surga." (Al-Hadits)
Yang dimaksud dengan khauf adalah menahan nafsu dan semua anggota badannya dari perbuatan maksiat dengan penuh ketaatan. Takut tanpa menahan nafsu dari perbuatan maksiat tidak termasuk dalam pengertian hadits Qudsi diatas. Selanjutnya ayat-ayat Al-Quran yang berhubungan dengan khauf (takut) kepada Allah dan azab-Nya lebih dari dua puluh ayat di antaranya :
"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Rabb-Nya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya sesungguhnya surgalah tempat kembali(nya)." (Qs, An-Naziat 40-41)
"Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syetan yang menakut-nakuti dengan pengikut-pengikutnya (kepada kalian). Karena itu janganlah kalian takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kalian benar-benar orang yang beriman." (Qs. Ali-Imran 175)
"Mereka takut kepada Rabb-nya yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan yang diperintahkan (kepada mereka)." (Qs. An-Nahl 50).
Semoga Allah memberi taufiq kepada kita untuk berdzikir dan hanya takut kepada Allah swt saja. Insya Allah Aamiin Yaa rabbal 'alamiin....
♥ ~Perindu Cahaya Illahi Love Perindu Jalan Lurus~ ♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar